Sunday, June 8, 2008

Menciptakan Efek Tornado with Photoshop


Sebuah gambar tidak akan tampak menarik jika tidak diberikan sentuhan efek. Dengan banyaknya aplikasi software seperti sekarang tentunya pemberian efek-pun dapat kita buat dalam sekejap saja. Tetapi ga ‘afdol’ rasanya jika kita hanya memanfaatkan aplikasi. Dengan memanfaatkan Adobe Photoshop kita pun dapat membuat efek sendiri sesuai keinginan. Nah kali ini saya akan mensyaringkan sebuah efek yang dapat kita buat dengan aplikasi Photoshop yaitu “efek tornado”. Teryata tidaklah sulit untuk membuat efek tersebut, kita hanya membutuhkan beberapa efek saja seperti Clouds, Lens Flare, dan beberapa efek tambahan.
Pertama kali kita siapkan terlebih dulu kanvas berukuran 800x800. Setelah itu, set warna layar depan (foreground) menjadi warna biru dan background di set dengan warna putih. Lalu dengan Paint Bucket Too l banjiri kanvas dengan warna biru. Kemudian kita akan memberikan efek pada kanvas . Caranya, klik menu Filter > Render > Clouds. Maka gambar pada kanvas akan berubah seperti awan. Berikutnya, kita akan memberinya efek genangan air pada awan tersebut dengan Efek Riple. Klik Filter > Distort > Riple. Pada kotak Amount masukkan angka 928 sedangkan size : medium.
Setelah itu masuklah ke menu Lens Flare dengan mengklik Filter > Render > Lens Flare. Pilihlah tipe 50-330mm Zoom. Set Brightness pada angka 100 dan posisikan sinar Lens Flare itu di bagian kiri atas gambar. Ulangi langkah – langkah di atas agar muncul 3 lens flare baru, masing – masing untuk bagian kanan atas, kanan bawah, dan kiri bawah. Dengan demikian akan terbentuk empat buah lens flare di tiap – tiap sudut yang tepat. Pembuatan lens flare ini nantinya akan memberikan efek guratan cahaya pada tornado.
Langkah terakhir yaitu menampilakn efek tornado pada kanvas kita. Untuk melakukannya klik menu Filter > Distort > Twirl. Pada Angle, masukkan angka 999. Dengan begitu maka efek tornado yang kita inginkan pun tercipta.

No comments: