Sunday, June 8, 2008

Photoshop "Efek Ledakan Bintang"


Apakah anda menyukai film – film yang bertemakan pertempuran luar angkasa?? Ehm…seperti Star Wars atau sebagainya. Tentu pernah kan??(^.^)
Ketika terjadi pertempuran yang ber-settingkan luar angkasa, maka efek ledakan yang terjadi di luar planet ini sangat mencengangkan. Bukan saja karena fenomena ini jarang kita lihat, tapi orang yang dibalik efek ledakan itu mampu menghadirkan kilauan warna – warna dan semburan – semburan kilatan cahaya secara realistis dan indah. Nah kali ini saya akan mencoba dan menunjukkan pada anda bagaimana efek tersebut dapat kita buat dengan photoshop.
Untuk membuat kreasi efek ledakan bintang pertama – tama kita harus siapin gambar petirnya, yach kalo belum punya bias download sebentar di om google, hehehe…
Setelah mempunyai gambar petir, sekarang pilih menu Select > All (ctrl+A) lalu pilih edit > cut (ctrl+X) dan yang terakhir edit > paste (ctrl+V) sehingga gambar petir tadi berada di “layer1”.
Kemudian kita mengaburkan gambar petir ini dengan klik menu Filter > Blur > Radial Blur, pada bagian amount isilah dengan nilai 100, blur methodnya : zoom, dan quality : best.
Lalu berilah efek cahaya dengan menggunakan Lens Flare. Caranya pilih menu Filter > Render > Lens Flare. Set brightness dengan angka 155 type : 50-300mm zoom. Setelah usai dengan pemberian cahaya, duplikatlah layer ini dengan mengklik Layer > Duplicate Layer. Nah sekarang kita mempunyai dua buah layer yang sama. Setelah itu klik menu Filter > Distort > Twirl. Pada bagian Angle, masukkan angka 360. Lalu klik ctrl+E supaya ‘Layer 1’ dan ‘Layer 1 copy’ bergabung menjadi satu. Jika sudah, duplikatlah lagi dengan klik Layer > Duplicate Layer. Setelah itu masuk lagi ke menu Filter > Distort > Twirl, dan masukkan angka -600.
Kalau sudah, set-lah blending mode dari Normal menjadi Overlay. Sampai langkah ini, sebenarnya efek bintang meledak sudah usai, tetapi untuk menyempurnakan tampilan gambar agar lebih tajam dan indah, kita bisa menggunakan Brightness / Contrast atau Color Balance.
Jika ingin menggunakan Color Balance tekanlah ctrl+B untuk masuk ke jendela Color Balance., kita dapat menyeret nilai pada cyan dan yellow full ke kanan, sedangkan pada warna magenta dapat masukkan nilai -46. Jika anda ingin menambahkan pengaturan warna Hue/Saturation tekan ctrl+U. nah di jendela ini masukkanlah nilai – nilai yang anda ingini. Tapi ingat efek ledakan bintang ini idealnya tidaklah lepas dari perpaduan warna biru, merah, ungu,dan kuning.
Semoga pembahasan ini dapat berguna untuk teman – teman yang sedang belajar membuat kreasi desain sendiri dengan memanfaatkan bantuan software software yang ada. Terimakasih^o^

No comments: